Maktabah Syamilah (Maktabah Shamela) Versi 3





Makatabah Syamilah (Shamela) sudah sangat dikenal di kalangan pesantren, akademisi dan cendekiawan muslim. Pasalnya, software ini merupakan gabungan beragam kitab, yang terkumpul dari beberapa disiplin ilmu. Sebut saja, ragam kitab yang dimaksud seperti: kitab tafsir, kitab hadits, kitab aqidah, kitab fiqih, kitab adab, kitab tentang matan hadis, masalah-masalah fikih, sejumlah kamus dan lain-lain. Tentu saja kehadiran software ini sangat mempermudah untuk pencarian referensi, karena software ini disadur dari pengarangnya langsung. Sebut saja sejumlah nama penulis kitab yang tidak asing lagi seperti; Qurtuby, Thabari, Syafi'i, Jalalain, Ibn katsir, Ibn Hajar al-Asqalani dan lain-lain, dapat mudah ditemukan hanya dengan menggerakkan mouse dan keyboard saja. Mudah, cepat dan sangat ekonomis, jika dibandingkan dengan biaya untuk membeli ratusan kitab-kitab klasik.

Selain itu, pembuat software tampaknya sangat ikhlas, jika software kitab buatannya dibajak atau digandakan. Hal ini terlihat dari link yang diberikannya untuk mengupgrade maktabah syamilah versi 3 (terbaru).

Seperti judul posting saya diatas, saya tidak akan membahas bagaimana cara menginstall software ini, terlebih cara membaca atau mengoperasikan. Bukan karena sulit, akan tetapi waktu dan tempat yang tidak memungkinkan membahas masalah ini. Saya anggap pembaca sudah memahami bahasa Arab, terlebih jika bisa baca kitab, yang akan memudahkan untuk mengoperasikannya. Baiklah, saya akan berbagi kepada pembaca yang budiman, untuk mendapatkan maktabah syamilah terbaru, dengan cara mengupgrade melalui tutor berikut ini:

1. Pastikan maktabah syamilah versi 2 masih dapat dioperasikan.
2. Tutuplah jendela maktabah syamilah yang Anda miliki.
3. Download-lah file upgrade software versi 3 berikut. (klik disini)
4. Ekstraklah file yang telah Anda download dengan cara meng-kliknya. File yang dimaksud bernama upgrade.exe.
5. Setelah itu, akan muncul hasil dari file yang anda ekstrak tadi. Antara lain: bin, files, pdf, autorun dan _shamela. Lihat gambar dibawah ini;
6. Klik file yang bertuliskan _shamela.exe.
7. Tunggu beberapa saat dan lihat hasilnya.
8. Jika Anda belum berhasil, maka ulangi kembali mengklik file _shamela.exe. Kemudian cari dimana tempat instal (destination folder saat instal ver. 2) maktabah syamilah versi sebelumnya. Disini Anda mencari patch dari syamilah library. Lihat pada gambar dibawah ini.
9. Setelah itu Anda bisa mengulangi apakah maktabah syamilah sudah berhasil dengan meng-klik file _shamela.exe. Semoga bermanfaat.

Perbedaan Interface Maktabah Syamilah Versi 2 dan 3

Versi 2

New Version

Link download Maktabah Syamilah V2.11:
http://www.almeshkat.com/books/archive/books/shamela2.11.rar
Link download Update:
http://rapidshare.com/files/186211979/Upgrade_Maktabah_Syamilah_Versi_3.rar
Atau dari sumbernya:
http://www.shamela.ws/downloads/upgrade.exe
More info :
http://www.shamela.ws

Sumber :http://badru-zaman.blogspot.com/2009/02/cara-upgrade-maktabah-syamilah-maktabah.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Maktabah Syamilah (Maktabah Shamela) Versi 3"